Skip to main content

Cara Sederhana Melakukan Analisa Lokasi Dan Analisa Pasar

Helooow bloggers..
kali ini aku mau share pengalaman bagi kamu kamu pada yang hemmm berjiwa-jiwa muda pengen bisnis properti, tugas dari bos, atau punya banyak tanah atau bahkan mau beli tanah, nah enaknya dibuat apa sih tanah ini.. biar bisa jadi sesuatu yang menghasilkaaaan gitcu loch... Nah pertama kali yang kudu kamu-kamu tau adalah lokasi strategis gak, kemudian pasarnya kayak gimana...
Okey deh, aku mau kasih tau rahasianya secara sederhana dan mudah-mudahan bisa dimengerti..

A. Peralatan
  1. Voice/video recorder dan foto (bisa menggunakan hp)
  2. Peta / GPS (bisa menggunakan hp)
  3. Buku catatan 
  4. Bulpoin
B. Cara
  1. Cari informasi sebanyak2 kepada broker tanah, si broker akan menunjukkan dimana lokasi tanah yang dijual, rekam atau catat segala informasi yang broker katakan. Tanyakan sebanyak-banyaknya informasi terkait lokasi tanah tersebut. misal : harga tanah yang ditawarkan, luas lahan, jenis tanah, kepemilikan tanah, jenis air, peruntukkan lahan di rencana tata ruang *jika si broker tau, dll.
  2. Amati lingkungan sekitar, catat nama jalan, foto dan pahami akses menuju lokasi, kondisi jalan, catat area komersil di sekitar lokasi dan foto, pahami pusat-pusat kegiatan penting di sekitar lokasi, siapa saja pesaing-pesaingmu. (jangan lupa jika kamu foto pake hp, hidupkan GPS pada foto hp kamu, jadi km bisa langsung tau titik tempat yang kamu foto di lokasi mana)
  3. Cari tau selengkapnya tentang list harga tanah dan bangunan atau harga sewa pesaing-pesaingmu, misal : ruko-ruko apa saja dan milik siapa, perumahan kelas apa dan siapa pengembangnya, area komersil apa saja..
  4. Gambarkan kondisi lingkungan di sekitar. Fasilitas umum apa saja yang ada disana untuk menunjang lokasi tanah tersebut, jangan lupa sertakan foto. Paling tidak dengan radius sekitar 2 - 5 km.
  5. Catat pengembangan-pengembangan baru apa saja yang ada di sekitar lokasi tanah tersebut serta sampai mana progresnya.
  6. Cari informasi tentang rencana tata ruangnya jika perlu tanya pada warga sekitar harga tanah berkisar berapa, serta cari tau nyaman tidak nyamannya di lokasi tersebut.
  7. Jika semua data terkumpul, lakukan analisis dengan bencmarking pesaingmu, apa yang mereka punya.. kemudian pilah mana kelemahan dan keunggulan dari masing-masing lokasi tanah.
Demikian cara sederhana untuk kamu kamu pada yang tertarik melakukan analisa lokasi dan pasar.. tantanglah sense of business yang kamu punya.. dengan jam terbang kamu pasti bisa mendapatkannya.. 
Berikan yang terbaik untuk bisnis kamu, dapatkan keuntungan maksimal dengan pilihan lokasi dan pilihan pasar yang tepat..
Good luck...!

Comments

Popular posts from this blog

Preservasi Tugu Pahlawan

1.  SEJARAH Tugu pahlawan merupakan symbol kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Monumen ini berada di tengah-tengah kota, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan ini terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.Pada jaman Jepang, bangunan ini berfungsi menjadi Markas Polisi Militer (Kenpetai) dan sekarang sudah hancur. Di tugu ini berdiri bekas kantor milik pemerintahan Inggris yang tergabung dalam NICA.Kemudian kantor megah itu dihancurkan oleh arek-arek Suroboyo.Di atas lahan ini berdiri kokoh Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa heroik 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini diresmikan …

Pendahayagunaan Lahan Vertical Housing di Surabaya

Perkembangan yang terjadi di perkotaan turut diikuti dengan peningkatan jumlah penduduk. Di samping semakin meningkatnya jumlah penduduk, perkembangan yang terjadi di perkotaan juga menyebabkan keterbatasan lahan yang berpengaruh pada tingginya harga lahan. Tidak mudah untuk mencari hunian di Kota Surabaya, apalagi bagi mereka yang hidup pas-pasan. Harga lahan di Kota Surabaya sangat tinggi, apalagi di pusat kota. 
Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki cukup anggaran? apakah solusi pemekaran kota di sekitar Surabaya menjadi pilihannya. Melonjaknya harga properti mengakibatkan orang-orang yang berpenghasilan rendah semakin terpinggirkan dari pusat Kota Surabaya.
Pola hunian seperti ini dapat mengakibatkan high cost economy, yang ironisnya ditanggung oleh mereka yang hanya punya uang ala kadarnya. Semakin jauh dari pusat kota, berarti semakin besar pula dana yang dikeluarkan untuk menjangkau kota tempat dimana mereka mencari rejeki.
Di tengah langkanya lahan kosong di Kota Surab…

Africa Van Java a.k.a Baluran

Berawal dari pembicaraan yang acakadut sekelompok anak muda penikmat alam yang biasa melakukan touring ke berbagai tempat *halah mbleyer sek, karena kesibukan mengerjakan "se..su..a..tu" (katakanlah itu adalah SKRIPSWEET) aw aw aw aw *kemudian penonton menyeru *sok sibuk ih ghan, eluu aje kalik....!* | *oh iya ya mangap-mangap*.
"Yok berangkat sudah, Baluran...!". Kemudian berangkatlah kami ber 9 orang, terbang pake elang... wus wus wus... 6 motor berjajar (katanya pakek elang ghan -..-") dengan jaket ala anak motor B-) dan bel motor yang uda diganti sebagai tanda "kitak anak touringers berrroohh" ahahaha. tanggal 16 November 2012, Jumat pagi start pukul 9.00 WIB berangkat dari Surabaya menuju Situbondo.
Selama perjalanan, dalam hati selalu bertanya-tanya kayak gmn sich Baluran, pikiran melayang... hmm Afrika.. hmm ga sabar untuk segera sampai.
setelah kurang lebih 6-7 jam perjalanan, sekitar pukul 15.00 sampailah kami di pintu gerbang taman nasiona…