Skip to main content

Africa Van Java a.k.a Baluran



Berawal dari pembicaraan yang acakadut sekelompok anak muda penikmat alam yang biasa melakukan touring ke berbagai tempat *halah mbleyer sek, karena kesibukan mengerjakan "se..su..a..tu" (katakanlah itu adalah SKRIPSWEET) aw aw aw aw *kemudian penonton menyeru *sok sibuk ih ghan, eluu aje kalik....!* | *oh iya ya mangap-mangap*.
"Yok berangkat sudah, Baluran...!". Kemudian berangkatlah kami ber 9 orang, terbang pake elang... wus wus wus... 6 motor berjajar (katanya pakek elang ghan -..-") dengan jaket ala anak motor B-) dan bel motor yang uda diganti sebagai tanda "kitak anak touringers berrroohh" ahahaha. tanggal 16 November 2012, Jumat pagi start pukul 9.00 WIB berangkat dari Surabaya menuju Situbondo.
Selama perjalanan, dalam hati selalu bertanya-tanya kayak gmn sich Baluran, pikiran melayang... hmm Afrika.. hmm ga sabar untuk segera sampai.
setelah kurang lebih 6-7 jam perjalanan, sekitar pukul 15.00 sampailah kami di pintu gerbang taman nasional Baluran. (*dalam hati* mana Africanya? | ntar duluk ghan di dalem, sabar dunk..!). Berikut adalah cerita perjalanan kami.. eh tapi ya maklum ye kalo kualitas gambar kurang bagus dan warnah yang hmmm biasa cuma hape 2 megapixel duank, tapi dijamin deh aslinya lebih indah daripada fotonya) karena mata tak bisa bohong...


Setelah mengurusi administrasi pembayaran yang setiap orang dikenakan pembayaran Rp. 2500,- dan sepeda motor 7 motor Rp. 10.000,- kemudian kami melanjutkan perjalanan. Nah yang ini petualangan baru dimulai..

biaya masuk Taman Nasional Baluran


Mungkin karena kami dateng pada bulan November, yang pertama kali aku lihat adalah kegersangan gersang panas bener Africa banget deh.. 
jalanan masuk Taman Nasional Baluran
jalanan masuk Taman Nasional Baluran
Sangat disayangkan sekali penorama yang indah ini tetapi jalanan beraspal banyak yang rusak, ntahlah mengapa.. tapi jelas bener2 mengganggu kenyamanan. Padahal taman ini mempunyai daya tarik yang oke banget meskipun bukan berarti menarik banyak orang buat dateng kesana, tapi karena daerah ini sangat menjaga kealamiannya, tapi ya jalan itu akses yang penting... (labil deh) :D

Entah kenapa dalam penglihatanku kenapa semua seperti bekas kebakaran, yak ini kebakaran hutan.. tetapi kemudian mikir lagi, ini kan taman nasional, jadi mau gimanapun sering terjadi keadaan-keadaan oleh alam itu sendiri. selain memasuki musim panas pasti lah ini gersang sehingga mengakibatkan kebakaran. (cieeee pinterr rek, suit.. suit..)


Sejak awal perjalanan kami telah disuguhi pemandangan Gunung Baluran yang indah mewarnai bumi (lebay detected). Gunung ini merupakan zona inti yang ga bisa dijamah oleh manusia, jadi ya kami ga bisa hiking kesana deh.. konon katanya juga disana banyak banget binatang buas seperti macan putih, banteng, trio macan -____- namanya juga taman nasional.
Gunung Baluran
Baru seperempat perjalanan kami disambut oleh banyak burung-burung bertebangan di atas langit biru yang cerah, ayam hutan khas Baluran, monyet2 bersorakan.. wuaaaa layak seperti taman safari. indah banget...!
kemudian kami mampir ke tempat sumur tua, yang konon katanya pada jaman dahulu kala, antara ada 2 orang pemuda Banyuwangi dan Situbondo ditantang untuk siapa yang bisa menemukan sumur (sebagai lambang daerah bisa hidup) terlebih dahulu akan dijadikan kota. Dan pada saat itu Banyuwangi yang dapat menemukan sumur sehingga yang lebih mengkota saat ini adalah Banyuwangi. 
ini dia sumur Situbondo yang kalah cepat dengan Banyuwangi
Setelah beberapa kilo perjalanan ada dimana perjalanan melewati kawasan evergreen dimana tempat ini serba hijau di tengah kegersangan.

evergreen
evergreen
Belum capek kan ceman-ceman... *penonton menjawab* *Beluuummmm...!* *Lanjuuuttt...*


Setelah itu kami memasuki kawasan Bekol, disinilah kawasan tempat kami akan menginap.. tetapi sebelum sampai di penginapan kami melewati padang savana, huwooww mungkin kalo ditempat lain pohon tumbuh dengan banyak daun, serba hijau itu adalah hal yang sudah biasa kita temui, tetapi disini pohon gersang tanpa dedaunan menjadi objek yang indah... Padang Savana ini juga merupakan padang yang luasss banget dengan icon 1 atau sedikit pohon sebagai lambang.

go to Bekol area
menurutku ini pohon yang bagus hihihi
Padang Savana
Padang Savana dengan background Gunung Baluran :)
foto-foto dulu dunk
Matahari uda bener2 mulai terbenam pertanda harus segera mendapatkan penginapan.. Taman Nasional Baluran ini menyediakan cottage2 dengan fasilitas ada musholla, kamar dengan 2 tempat tidur + lemari dan kaca, kamar mandi, dan blakon yang cozy... harganya per kamar Rp. 70.000,- FYI aja sih buat pelajar dan mahasiswa bisa dapet potongan (asal bisa nawar aja sih dan ketemu penjaga yang murah hati hihihi)..

yaaahh dikarenakan hape ilang,,, ga bisa melanjutkan cerita pake foto donk...
pokoknya ya recommended deh ini tempat bagi kamu kamu pencinta alam.. bener2 kayak uda ada di afrika aja kayak yg di discovery channel gitu deh.. bener2 deket dengan alam dan hewan2nya.. :3 :3 
keindahan sunset ama sunrisenya juga ga kalah bagus dibandingkan ama di Bali hihhi
you must show Tom...!


Comments

Popular posts from this blog

Preservasi Tugu Pahlawan

1.  SEJARAH Tugu pahlawan merupakan symbol kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Monumen ini berada di tengah-tengah kota, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan ini terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.Pada jaman Jepang, bangunan ini berfungsi menjadi Markas Polisi Militer (Kenpetai) dan sekarang sudah hancur. Di tugu ini berdiri bekas kantor milik pemerintahan Inggris yang tergabung dalam NICA.Kemudian kantor megah itu dihancurkan oleh arek-arek Suroboyo.Di atas lahan ini berdiri kokoh Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa heroik 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini diresmikan …

Pendahayagunaan Lahan Vertical Housing di Surabaya

Perkembangan yang terjadi di perkotaan turut diikuti dengan peningkatan jumlah penduduk. Di samping semakin meningkatnya jumlah penduduk, perkembangan yang terjadi di perkotaan juga menyebabkan keterbatasan lahan yang berpengaruh pada tingginya harga lahan. Tidak mudah untuk mencari hunian di Kota Surabaya, apalagi bagi mereka yang hidup pas-pasan. Harga lahan di Kota Surabaya sangat tinggi, apalagi di pusat kota. 
Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki cukup anggaran? apakah solusi pemekaran kota di sekitar Surabaya menjadi pilihannya. Melonjaknya harga properti mengakibatkan orang-orang yang berpenghasilan rendah semakin terpinggirkan dari pusat Kota Surabaya.
Pola hunian seperti ini dapat mengakibatkan high cost economy, yang ironisnya ditanggung oleh mereka yang hanya punya uang ala kadarnya. Semakin jauh dari pusat kota, berarti semakin besar pula dana yang dikeluarkan untuk menjangkau kota tempat dimana mereka mencari rejeki.
Di tengah langkanya lahan kosong di Kota Surab…

Fondant Cake Birthday Yummy

hey hey... mau berbagi cerita aja sih...
Fondant Cake Birthday Yummy ini ditulis bukan untuk berbagi resep tapi berbagi inspirasi buat kalian-kalian yang mau nyobain bikin kue untuk pertama kalinya... buat surprise pacar misalnya.. hihihi
nah samaan nih aku baru kali pertama nyobain bikin kue sendiri.. alasannya sik lagi pengen berkreasi si.. nah kebetulan pacar si adek ultah... nah nawarin deh aku... mau dibikinin ga.. haha eh dia mau... yaudah de.. tanpa pengalaman apapun... nanya2 ke bunda gmn cara bikin kue.. searching2 mbah google gmn menghias kue.. sampe pada akhirnya aku putusin deh kue yang bakal aku buat adalah kue dengan hias fondant sesuai yg lagi ngetrend sekarang gitu...
pergilah kemudian aku ke toko kue, beli bahan segala macem buat kue yang bakal aku masak dengan tangan sendiri hihihi.. sempet dilema sih adduuu knp ga beli aja sih biar ga ribet.. eh tapi ya kapan berkreasinya dunk... nyampe rumah ambil kain trus ikat di kepala... *kemudian teriak* FIGHTING...! *dalam ha…