Skip to main content

Are you leader?


Seperti apakah Pemimpin itu...
Pertanyaan mendasar yang masih terus dicari oleh manusia untuk mendapatkan sebuah kepemimpinan yang ideal.
Dan dalam negara Demokrasi, memilih pemimpin merupakan suatu hal yang penting. Maka dari itu pemimpin seperti apa yang akan dipilih dan Apakah kita termasuk orang yang dapat memimpin dengan baik?


Istilah pemimpin berasal dari kata dasar yaitu "pimpin". Menurut Kamus Bahasa Indonesia, pemimpin adalah pelopor, pemuka, pembina, pembimbing, penggerak, panutan, penuntun, ketua, kepala, raja, dan lain sebagainya. Sedangkan Memimpin merupakan penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara.
Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan - khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian satu beberapa tujuan. (Kartini Kartono, 1994 : 181).
John C. Maxwell, penulis buku-buku kepemimpinan pernah menyatakan: Leadership is Influence (Kepemimpinan adalah soal pengaruh).



Menjadi seorang pemimpin ciri-cirinya adalah seperti harus banyak berlatih, berani melakukan terobosan-terobosan, berani mengambil resiko, berani menghadapi tantangan, pemimpin harus membiasakan diri untuk jujur, terbuka, rendah hati, tampil apa adanya, menerima kenyataan, tidak takut salah karena kesalahan itu perlu sebagai pengalaman, inisiatif, memiliki kalender planning dengan prioritas-prioritas ke depan, action, pemimpin harus cerdas dan bernyali, pemimpin selalu melihat masalah secara luas, pemimpin itu tegas dan tegas bukanlah kasar,karena tegas tidak pernah menyakiti hati, pemimpin selalu mementingkan kepentingan umum daripada diri sendiri dan keluarga karena pemimpin selalu mementingkan apa yang dipimpinnya, dan Pemimpin harus memiliki jati diri. Apakah anda termasuk di dalamnya?

Dalam proses
kepemimpinan yang perlu diperhatikan adalah:
1. Pengaruh
2. Hubungan Antar Manusia (cari jaringan teman sebanyak-banyaknya, berorganisasi)
3. Proses Komunikasi
4. Pencapaian Suatu Tujuan.


Tantangan seorang Pemimpin
di abad 21
* Bekerja dengan tradisi atau memperjuangkan perubahan.

Misalnya ketika sedang berpergian anda tersesat, sadarkah anda bahwa dengan tersesat tersebut telah memberikan sebuah tantangan baru...
* Berpikir menjadi orang kreatif atau terbawa arus.

Misalnya orang yang mempunyai tipikal terbawa arus, mengambil tindakan biasanya mengikuti yang banyak peminatnya sedangkan orang yang berpikir kreatif adalah orang yang selalu mencari cara lain dalam pencapaian suatu tujuan
* Mengambil resiko atau menghindarinya.
Hidup itu resiko. Apapun yang anda pilih semua mengandung resiko, hanya bagaimana anda mengambil resiko terkecil dan yang dapat memberikan manfaat yang besar.
* Menjadi pemimpin dan pengikut.

Menjadi seorang pemimpin harus tau dan pernah menjadi pengikut. Karena seorang pemimpin harus tau apa yang dirasakan pengikutnya tau pada saat dipimpin dan memimpin.


Pemimpin sejati selalu berpikir " saya bisa memberikan apa yang bermanfaat" bukan "saya dapat apa"


Krisis Global dan pemimpin yang korup dan lemah. Itulah Indonesia saat ini. jadi tugas kita sekarang adalah mencari inovasi baru tanpa harus demo. Masalahnya mengapa masih belum ada pemimpin dari mahasiswa yang cerdas dan bernyali? jawabannya adalah karena kualitas pola pikir. Pola pikir menentukan apa yang dilakuakan. Sedangkan seorang pemimpin adalah orang yang pemikir. Bangsa ini membutuhkan suatu transformasi baru, sebagai seorang pemimpin, carilah sesuatu yang beda untuk mencari inovasi baru dan lakukanlah hal yang disenangi banyak orang, sehingga anada akan menjadi pemimpin yang dicintai maka bangunlah sebuah kepercayaan.

Ketahuilah bahwa orang yang belum "jadi" adalah orang yang fokus pada dirinya sendiri. Ketika pintar kita ingin menguasai diri kita sendiri tetapi ketika bodoh kita ingin menguasai atau membodohi orang lain.
Untuk menjadi "orang" maka datangilah orang yang anda anggap hebat atau datangilah sesuatu yang baru yang nantinya dapat menginspirasi anda. jadikanlah kesalahan anda menjadi guru pengalaman yang baik, karena dengan banyak pengalaman anda akan lebih berani dalam membuat sebuah perubahan yang baru.

maka JADILAH PEMIMPIN MUDA YANG CERDAS DAN BERNYALI
by Arief Munandar

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca, sebagai referensi menjadi seorang pemimpin yang ideal sebagai kontribusi membangun bangsa. Kumpulan rangkaian kata diatas diambil dari sebuah acara hebat yang diadakan oleh Universitas Indonesia yang pesertanya merupakan mahasiswa pilihan dari setiap universitas di Indonesia. Seperti ITS, Unair, IPB, Udinus, UNJ, UM, UNHAS, dan banyak lainnya. Yaitu Indonesia Leadersip Camp 2010 (ILC)










Calon Pemimpin bangsa





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Preservasi Tugu Pahlawan

1.  SEJARAH Tugu pahlawan merupakan symbol kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Monumen ini berada di tengah-tengah kota, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan ini terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.Pada jaman Jepang, bangunan ini berfungsi menjadi Markas Polisi Militer (Kenpetai) dan sekarang sudah hancur. Di tugu ini berdiri bekas kantor milik pemerintahan Inggris yang tergabung dalam NICA.Kemudian kantor megah itu dihancurkan oleh arek-arek Suroboyo.Di atas lahan ini berdiri kokoh Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa heroik 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini diresmikan …

PENGALAMAN MENGURUS E-PASPOR PADA SAAT HAMIL DI KANTOR IMIGRASI JAKARTA UTARA (KELAPA GADING)

Hallo, Salam kenal semuanya,
Kali ini aku mau sharing tentang pengalaman mengurus paspor tepatnya e-paspor ya datang langsung di kantor imigrasi Jakarta Utara atau yang di Komplek Artha Gading Niaga dekat mall Artha Gading. Ini cerita sebenernya udah akhir bulan Juni 2017 si, cuma baru nulis pengalamannya sekarang.. hahahah gak papa laaaa.. sekalian digabung cerita pada saat nganterin saudara yang ngurus paspor disana juga akhir Juli 2017, maunya juga e paspor tetapi dia dapatnya jadi paspor biasa, mau tau ceritanya?  So, beginilah cerita dan tahapannya..
Rencana awal sebenarnya mau mengurus paspor di kantor imigrasi Jakarta Selatan, sesuai rekomendasi dari teman yang baru-baru aja ngurus paspor disana. Namun karena lokasi yg lumayan jauh dan imigrasi ini dikenal harus dateng dini hari bahkan tengah malam untuk antri nomer, sedangkan aku lagi hamil 5 bulan jadilah tak dibolehin suami karena khawatir buat nunggu antrian sepanjang itu sampai kantor buka. Karena aku tinggal di daerah Cakung, …

Pendahayagunaan Lahan Vertical Housing di Surabaya

Perkembangan yang terjadi di perkotaan turut diikuti dengan peningkatan jumlah penduduk. Di samping semakin meningkatnya jumlah penduduk, perkembangan yang terjadi di perkotaan juga menyebabkan keterbatasan lahan yang berpengaruh pada tingginya harga lahan. Tidak mudah untuk mencari hunian di Kota Surabaya, apalagi bagi mereka yang hidup pas-pasan. Harga lahan di Kota Surabaya sangat tinggi, apalagi di pusat kota. 
Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki cukup anggaran? apakah solusi pemekaran kota di sekitar Surabaya menjadi pilihannya. Melonjaknya harga properti mengakibatkan orang-orang yang berpenghasilan rendah semakin terpinggirkan dari pusat Kota Surabaya.
Pola hunian seperti ini dapat mengakibatkan high cost economy, yang ironisnya ditanggung oleh mereka yang hanya punya uang ala kadarnya. Semakin jauh dari pusat kota, berarti semakin besar pula dana yang dikeluarkan untuk menjangkau kota tempat dimana mereka mencari rejeki.
Di tengah langkanya lahan kosong di Kota Surab…